02
Mar
11

Kasus-Kasus Cyber Crime Part 1 : SPAMMING

Apakah pembaca pernah mendapat email yang tidak jelas isinya/sekedar iklan? Atau pernahkah mendapat komentar-komentar berbau promosi produk pada postingan blog anda? boleh dibilang, anda telah menjadi korban SPAMMING . Spamming adalah sistem pengiriman pesan/berita iklan  secara massal dan seringkali Spammers mengirimkan spam-nya secara bertubi-tubi dalam jumlah banyak dan tanpa sekehendak si penerima.

Spam dikirimkan oleh pengiklan dengan biaya operasional yang sangat rendah, karena spam tidak memerlukan senarai (mailing list) untuk mencapai para pelanggan-pelanggan yang diinginkan. Karena hambatan masuk yang rendah, maka banyak spammers yang muncul dan jumlah pesan yang tidak diminta menjadi sangat tinggi. Akibatnya, banyak pihak yang dirugikan. Selain pengguna Internet itu sendiri, ISP (Penyelenggara Jasa Internet atau Internet Service Provider), dan masyarakat umum juga merasa tidak nyaman. Spam sering mengganggu dan terkadang menipu penerimanya. Berita spam termasuk dalam kegiatan melanggar hukum dan merupakan perbuatan pidana yang bisa ditindak melalui undang-undangInternet.

Di bawah ini saya akan memberikan 2 (dua) contoh kasus mengenai Spam

Pria 23 Tahun Jadi Raja Spam Dunia


Biro Investigasi Federal (FBI) Amerika Serikat (AS) mulai memburu Oleg Nikolaenko, pemuda asal Rusia berusia 23 tahun yang diduga menjadi ‘dalang’ serangan ‘Mega-D’ Botnet pada tahun 2009 lalu.

MOSKOW – Biro Investigasi Federal (FBI) Amerika Serikat (AS) mulai memburu Oleg Nikolaenko, pemuda asal Rusia berusia 23 tahun yang diduga menjadi ‘dalang’ serangan ‘Mega-D’ Botnet pada tahun 2009 lalu.

Serangan Mega-D botnet diketahui menginfeksi sekira 500.000 komputer. Program jahat tersebut memungkinkan sebuah komputer yang terinfeksi mengirimkan email sampah hingga miliaran email per hari.

FBI yakin bahwa Nikolaenko-lah yang bertanggung jawab atas pengiriman miliaran email yang menjajakan Rolex palsu, obat palsu, dan obat herbal ilegal.

Penangkapan Nikolaenko ini merupakan hasil pengembangan dari kasus yang sama. Sebelumnya kepolisian telah meringkus ‘kawan’ Nikolaenko yakni Jody Smith dan Lance Atkinson. FBI melihat bahwa keduanya kerap berhubungan Nikolaenko yang menggunakan nama online ‘Docent’. Smith dan Atkison sendiri telah terbukti bersalah dan dihukum satu tahun penjara.

FBI menemukan bukti aliran dana sekira USD459 ribu ke Nikolaenko dari Atkison selama enam bulan.

“Dalam sebuah operasi yang mereka sebut ‘Affking’ mereka berhasil meraup sejumlah uang lewat penipuan yang menggunakan email-email yang mereka kirimkan lewat serangan Mega-D,” kata seorang pejabat FBI seperti dilansir The Smoking Gun, Jumat (3/11/2010)

By yugo, okezone.com, Updated: 12/3/2010 3:44 AM

Spam ‘Acai Berry’ Serang Twitter


Sebuah serangan baru ke Twitter yang mengiklankan ‘acai berry’ telah membajak ribuan akun Twitter dan merubah mereka menjadi spammer.

CALIFORNIA – Sebuah serangan baru ke Twitter yang mengiklankan ‘acai berry’ telah membajak ribuan akun Twitter dan merubah mereka menjadi spammer.

Serangan tersebut menyebar dengan cepat dalam hitungan menit, lebih dari 10.000 tweet yang berhubungan dengan serangan tersebut telah muncul di layanan tersebut. Tweet ini tersambung ke domain yang berisi ‘acainews’. Demikian dikutip dari Mashable, Selasa (14/12/2010).

Belum jelas bagaimana serangan ini berjalan. Akan tetapi dengan meng-klik link ‘acainews’ bisa menjangkiti akun Twitter anda. Serangan ini penyebarannya adalah yang tercepat dalam sejarah keamanan Twitter dan worm.

Jika akun pengguna sudah terjangkiti, secepatnya untuk mengubah kata sandi Twitter dan cek apabila akun ada terhubung dengan akun pengembang pihak ketiga yang tidak diketahui.

Menurut Damon Cortesi, pembuat TweetStats/TweepSearch/RowFeeder, nampaknya spam tersebut hadir dari compromised account (penggunaan akun orang lain oleh seseorang, tanpa melibatkan system-level atau root-level dari system administrator), bukan dari kode mencurigakan yang bersumber dari link ‘acainews’.

“Banyak teman Twitter saya yang terkena serangan ini. Akan tetapi melihat di mana situs acainews mengarahkan pengguna, saya melihat tidak ada kode yang mencurigakan. Saya telah mengunjungi situs dari link tersebut melalui akun Twitter buatan, dan tidak mendapat dampak yang merugikan. Saya juga tahu bahwa ada beberapa spam yang serupa beberapa hari yang lalu di Twitter,” ujar Cortesi.

“Kami tetap menyarankan agar jangan mengklik link apapun dengan nama ‘acainews di URL,” tambah Cortesi.

Nama Acai Berry sendiri adalah jenis buah yang berasal dari Amerika Tengah dan Selatan, memiliki nama latin dengan sebutan Euterpe Oleracea.

By sari, okezone.com, Updated: 12/13/2010 8:39 AM

Bila dilihat dari kedua artikel diatas, dapat kita lihat mayoritas tujuan utama dari spamming adalah untuk menyebarkan berita/pesan/iklan secara massal. Namun yang luar biasa adalah jumlah uang yang berhasil diperoleh oleh Nikolaenko  hingga mencapai USD459 ribu. Jelas saja banyak spammer yang masih merajalela sampai sekarang bila melihat jumlah uang sebanyak itu. Namun kebanyakan email tersebut hanya digunakan sebagai sarana penipuan belaka, contohnya adalah email-email yang berisi pesan dari orang lain di luar negeri yang akan memberikan anda uang atau email yang isinya memberitahukan bahwa anda mendapatkan hadiah berupa uang.

Ada baiknya, anda melihat dulu apakah isi email tersebut logis atau tidak (apa mungkin ada orang yang tiba-tiba memberikan uang dalam jumlah besar kepada anda, padahal orang itu asing bagi anda?). Dan juga, biasanya spammer mengirimkan spam-nya ke alamat email yang ada di luar negaranya, kenapa? agar setidaknya mereka tidak akan bermasalah secara hukum di negara mereka.

Bahkan, sekarang ini bermunculan juga spam yang tidak berorientasi pada komersial, contohnya spam yang berkaitan dengan agama dan politik. Serdar Argic, misalnya, menggunakan spam usenet untuk revisionis sejarah. Beberapa penginjil telah menggunakan spam usenet dan surat elektronik untuk menyebarkan khotbah. Dengan berkembangnyaspam, semakin banyak penjahat yang menggunakan spam untuk berbagai macam penipuan. Dalam beberapa kasus spammers menggunakannya untuk menarik orang menuju suatu tempat, melakukan penculikan dan meminta tebusan, bahkan korban dibunuh jika tidak segera memberi tebusan.

Pada intinya, ada baiknya kita lebih waspada terhadap pesan baik dalam email,telepon genggam,milis,dll yang terlihat mencurigakan dan datang terus menerus. Lebih baik tidak usah ditanggapi dan jangan mudah tergiur dengan pesan-pesan tersebut.Yang cukup anda lakukan adalah masukkan pesan-pesan atau spam dalam daftar spam atau gunakan aplikasi anti spam. Gampang dan mudah kan?😀

sumber :

http://id.wikipedia.org/wiki/Spam

http://www.OkeZone.com/


0 Responses to “Kasus-Kasus Cyber Crime Part 1 : SPAMMING”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Calendar

March 2011
M T W T F S S
« Nov   Apr »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Add me on YM


%d bloggers like this: