13
Oct
10

Perkembangan Telematika

Pernah dengar kata “TELEMATIKA”? Saya rasa kebanyakan orang pernah mendengar istilah ini baik dari televisi dan surat kabar maupun internet. Mungkin istilah ini makin terdengar berkat Om Roy Suryo yang dijuluki “Pakar Telematika” yang sering muncul di televisi untuk mengecek entah metadata sebuah gambar maupun orijinalitas sebuah video😀 .  Kemudian muncul kasus jebolnya rekening para nasabah dari beberapa bank melalui ATM. Kemudian terdengar lagi istilah itu dengan wajah-wajah baru, bukan hanya Om Roy Suryo. Lalu apa sebenarnya “Telematika” itu? apakah itu hanya sekedar mengecek keaslian data? Atau hal-hal lain yang berhubungan dengan benda elektronik? Disini Saya akan coba memberi sedikit informasi mengenai “Telematika” dan perkembangannya terutama di Indonesia. Selamat menikmati.

Istilah telematika sendiri berasal dari adopsi bahasa asing, yakni telematique yang merupakan kata dalam bahasa Perancis. Istilah ini pertama kali digunakan pada tahun 1978 oleh Simon Nora dan Alain Minc dalam bukunya yang berjudul L’informatisation de la Societe.

Telematika menunjuk pada hakikat cyberspace sebagai suatu sistem elektronik yang lahir dari perkembangan dan konvergensi telekominikasi, media, dan informatika. Dalam Pengantar pada Mata Kuliah Hukum Telematikan Fakultas Hukum Universitas Indonesia, dinyatakan bahwa istilah telematika merujuk pada perkembangan konvergensi antara teknologi telekomunikasi, media, dan informatika yang semula masing-masing berkembang secara terpisah. Konvergensi telematika kemudian dipahami sebagai sistem elektronik berbasiskan digital atau the net.

Saat ini, telematika sudah mulai berkembang di Indonesia seiring dengan semakin terjangkaunya harga peralatan yang dibutuhkan serta semakin meluasnya informasi mengenai telematika. Hal ini dapat dilihat dari perkembangan berbagai kegiatan yang berbasiskan elektronik dan internet, contohnya adalah e-learning, e-commerce, e-government, dan yang lainnya. Namun, perkembangan ini seolah tak merata dikarenakan belum merata pula pembangunan infrastruktur di daerah-daerah, mulai dari pasokan listrik, fasilitas, dll. Selain itu, pemerintah terlihat masih ‘mencari’ aturan yang tepat untuk mengawasi dan mengontrol perkembangan telematika ini. Berbeda dengan negara-negara lain seperti China, India dan Singapura yang sudah terlebih dahulu memperhatikan hal ini. Apakah saat telematika belum dianggap penting oleh para pembuat kebijakan?

Mari berharap telematika terus berkembang ke arah yang positif  ke seluruh wilayah NKRI. Hal yang tidak mustahil mengingat semakin banyaknya praktisi telematika yang mendedikasikan dirinya kepada bidang akademis dan perkembangan teknologi informasi. Namun hal ini harus didukung pula oleh pemerintah sebagai pemegang otoritas negeri ini dalam pembangunan infrastruktur maupun kebijakan di bidang telematika.


0 Responses to “Perkembangan Telematika”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Calendar

October 2010
M T W T F S S
« Jun   Nov »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Add me on YM


%d bloggers like this: