16
Jun
10

Mengembangkan Soft Skill Diri

Beberapa waktu yang lalu, saya pernah membahas sedikit tentang soft skill. Pada intinta soft skill adalah kemampuan diri kita di dalam berinteraksi dengan orang lain dan bagaimana kita bereaksi terhadap lingkungan dalam yang dapat dilihat dari sifat, perilaku, dan kemampuan kita di dalam sebuah organisasi.

Di dalam mengembangkan soft skil, kita tidak bisa mempelajarinya hanya dari sekedar teori layaknya hard skill, namun kita bisa mengembangkannya dengan pengalaman, mengamati sikap orang lain, dan membiasakan sikap-sikap baik itu ada dalam diri kita. Untuk dapat mengasah softskill, pertama-tama kita harus dapat mengenal apa yang ada dalam diri kita sendiri. Beberapa poin-poin yang dapat membantu mengembangkan softskill kita antara lain (untuk contoh,saya akan menggunakan diri saya sendiri sebagai subjek)  :

Menjadi bagian dari sebuah tim/organisasi

Sebuah tim/organisasi adalah tempat yang pas untuk kita melatih maupun untuk mengaplikasikan softskill yang dimiliki.  mengapa bisa begitu? Karena di dalam organisasi kita akan selalu melakukan interaksi dengan orang lain yang memiliki sifat dan perilaku yang berbeda-beda. Kemampuan kita untuk melakukan interaksi itulah yang akan dilihat orang lain dan akan menjadi penilaian orang lain terhadap softskill kita.

Sebagai contoh, sekarang saya sedang menjabat sebagai salah satu ketua di GAMAGUDABO (Gabungan Mahasiswa Gunadarma Bogor). Saya sangant beruntung bisa menjadi bagian di dalam GAMAGUDABO. Di situ saya belajar bagaimana menghargai pendapat, bersosialisasi, belajar bertanggung jawab, dan dapat berinteraksi dengan banyak orang yang memiliki beragam sifat dan sikap yang berbeda-beda. Hal-hal inilah yang akan memperkaya pengalaman kita dan tentu saja memperkaya softskill yang kita miliki.

Kenali Diri Sendiri

Mulai saat ini, belajarlah untuk mengenal diri kita sendiri. Apa yang baik dan apa yang buruk yang ada pada diri kita. Mungkin untuk lebih mudahnya, kita dapat meminta teman-teman terdekat kita maupun yang terlalu dekat dengan kita untuk memberikan pendapat mereka tentang sifat dan sikap kita. mengapa yang tidak terlalu dekat juga perlu? Karena pada saat kita baru berkenalan dengan orang lain, mungkin orang itu tidak akan dapat melihat sifat kita yang sebenar-benarnya. Yang akan orang itu lihat pertama kali adalah “sikap luar” kita yang mungkin berbeda dengan sikap kita pada saat bersama dengan orang yang sudah dekat dengan kita.

Setelah bertanya kepada beberapa teman di kampus mengenai diri saya, mereka mengutarakan banyak hal mengenai kelebihan dan kekurangan saya. Dari sisi kekurangan, ternyata saya terlihat sebagai orang yang terlalu santai, pesimistis,kurang peka, kadang mudah emosi, kurang telaten dan kadang agak malas untuk hal-hal yang kurang saya minati. Ternyata dari sebagian kecil yang disebutkan itu, beberapa diantaranya sudah saya sadari sendiri. Mungkin ini saatnya mulai berubah untuk masa depan yang lebih baik.😀

Selain kekurangan-kekurangan diatas, mereka juga mengutarakan beberapa yang dianggap menjadi kelebihan saya, misalnya senang bercanda, tekun(untuk hal yang diminati), senang berorganisasi,dan lain-lain. Mudah-mudahan sifat-sifat baik itu terus ada.😀

Ternyata cukup menyenangkan untuk mengetahui apa pandangan orang lain tentang kita. Kita jadi bisa mengetahui apa yang perlu diperbaiki dan apa yang perlu ditingkatkan dari sifat dan sikap kita.

Hargai Waktu

Waktu, tidak bisa dibantah merupakan hal yang sangat dibutuhkan manusia dan juga hal yang paling banyak dibuang-buang oleh manusia itu sendiri. Banyak orang yang merasa 24 jam/hari sangat kurang, namun banyak juga yang menganggap 24 jam sangat lama dengan membuang waktu untuk hal-hal yang tidak berguna. Ini sesuai dengan potongan ayat  dari surat Al-Asr : “Sesungguhnya manusia mengalami kerugian(waktu). Saya sendiri menyadari terkadang membuang banyak waktu berharga. Namun waktu pun ada agar kita dapat memperbaiki sikap kita. Karena itu, mulailah hargai waktu mulai dari sekarang.


0 Responses to “Mengembangkan Soft Skill Diri”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Calendar

June 2010
M T W T F S S
« May   Oct »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

Add me on YM


%d bloggers like this: