04
Apr
10

WOLFRAM ALPHA : Knowledge Engine yang Luar Biasa

Siapa yang pernah dengar Wolfram Alpha? atau www.wolframalpha.com . Rasanya sudah lama saya tidak mendatangi website ini. Website yang menarik menurut saya, karena Wolfram Alpha (WA) bukan merupakan search engine, melainkan sebuah Computational Knowledge Engine yaitu sebuah engine yang dapat menghasilkan perhitungan ataupun jawaban berupa data statistik/metrik yang ditampilkan melalui grafik dan tabel data-data yang dihimpun oleh database WA. Selain itu, data-data yang ditampilkan selalu update dan selalu diperbaharui.

Wolfram Alpha merupakan sebuah “mesin penjawab” yang ditemukan oleh Stephen Wolfram dan dikembangkan oleh Wolfram Research. Beberapa Data fakta WA :

URL wolframalpha.com
Commercial? Yes
Type of site Answer engine
Registration Optional
Owner Wolfram Alpha LLC
Created by Wolfram Research
Launched May 18, 2009[1] (official launch)
May 15, 2009[2] (public launch)
Alexa rank 4,556 (February 2010)[3]
Current status Active

WA sendiri tidak bisa dibandingkan dengan search engine, contohnya Google. Beberapa perbedaan WA dengan Google :

1. WA tidak mengcrawl web sama sekali. Sedangkan Google rutin mengupdate basis datanya dengan menjelajah web secara otomatis.

2. WA memiliki database sendiri yang dikumpulkan oleh sekitar 150 orang staf WA yang masing-masing adalah expert di bidangnya dan tersebar pada multi disiplin ilmu, secara bertahap selama beberapa tahun terakhir. Sumber datanya terutama berasal dari referensi-referensi ilmiah yang bertebaran di banyak lembaga di dunia. Google dkk jelas berbasis data web yang belum tentu ilmiah.

3. Google berbicara page rank dan urutan halaman web terkait kata kunci tertentu, sedangkan WA berbicara relevansi kata kunci tersebut dengan data mereka yang bersifat ilmu pengetahuan ilmiah/scientific. Misalnya rumus-rumus kimia, matematika, data-data statistik, dll.

Berbeda dengan search engine yang mencocokan indeks dengan kata kunci yang diinginkan, situs WA memerintahkan komputer untuk berpikir secara riil time untuk memperoleh hasil. Ya, berpikir (berlogika). Untuk setiap kata kunci berbeda, WA akan menempuh tahap dan jalan berbeda setiap kali. Karena itu kalau anda perhatikan halaman hasil tidak langsung tersaji begitu saja. Ada tahap-tahap pekerjaan yang berbeda untuk tiap kata kunci tertentu. WA meniru cara kerja otak manusia namun secara digital. (kata meniru sebenarnya tidak tepat menggambarkan, karena WA lebih kepada menemukan kembali prinsip dasar algoritma sistem apapun, termasuk otak manusia).

Untuk melihat kemampuan WA, Saya mencoba untuk mencari informasi menggunakan WA. Contohnya, saya memasukkan keyword “Weather Bogor” dan bisa dilihat hasilnya :

atau bisa dilihat di sini.

Sangat menarik melihat hasil jawaban WA. WA menampilkan kondisi cuaca, kecepatan angin,temperatur, bahkan laporan cuaca yang dapat dilihat hingga 10 tahun ke belakang maupun lebih. Luar Biasa!

Dari hasil yang ditampilkan oleh WA,saya merasa WA menjadi lebih baik dari wikipedia. Alasannya, hasil dari WA lebih terlihat dan terstruktur dikarenakan ditampilkan dengan bentuk data statistik dan diagram, sehingga memudahkan untuk pengambilan informasi terutama kebutuhan informasi yang harus selalu update. Rasanya kontribusi 150 ahli di Wolfram Research tidaklah sia-sia melihat peformanya saat ini. Mungkin WA bisa menjadi saingan terberat Wikipedia? Kita tunggu saj.🙂

Sumber :


0 Responses to “WOLFRAM ALPHA : Knowledge Engine yang Luar Biasa”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Calendar

April 2010
M T W T F S S
« Mar   May »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  

Add me on YM


%d bloggers like this: