03
Mar
10

Asal Muasal Citra Lena : Sang Primadona Dunia Pengolahan Citra

Bagi orang-orang yang pernah belajar atau mengenal pengolahan citra, pasti pernah mendengar mengenai citra Lena/Lenna. Citra yang menampilkan wanita cantik yang sedang berpose ini  mungkin merupakan citra yang paling banyak digunakan di berbagai bidang penelitian seperti uji coba pengolahan algoritma citra (contohnya kompresi dan pengurangan noise) dan  berbagai penelitian pengolahan citra. Apakah Anda tahu siapakah wanita di foto tersebut dan bagaimana fotonya bisa menjadi bahan uji pengolahan citra hingga puluhan tahun, bahkan sekarang?

Ternyata, nama wanita cantik yang berada pada citra tersebut adalah Lena Söderberg, seorang model yang lahir pada 31 maret 1951 di Swedia. Nama lainnya adalah Lenna Sjooblom , nama yang digunakannya di majalah Playboy dan dia juga merupakan Miss November 1972 di Playboy Playmate. Gambar asli dari citra Lena sendiri berasal dari pose telanjangnya di majalah Playboy pada november 1972.

Asal-usul penggunaan citra Lena sebagai citra percobaan :

Pada tahun 1973 sekitar bulan Juni atau Juli menurut Alexander Sawchuk, ketika dia dan asisten Profesor Electrical Engineering di University of Southern California Signal and Image Processing Institute (SIPI) bersama dengan seorang alumni dan kepala Lab SIPI mencari-cari citra yang cocok dan bagus untuk bahan conference paper karena mereka sudah bosan dengan citra-citra yang biasa mereka gunakan. Mereka menginginkan gambar wajah dan kebetulan  ada  seseorang yang  membawa majalah Playboy dan mereka langsung merobek bagian halaman majalah dan men scan menggunakan analog-to-digital converters (red,green, blue channel) dan Hewlett Packard 2100 minicomputer.

Kemudian, citra ini menjadi salah satu sejarah komputer, bahkan Lena  disebut-sebut sebagai “First Lady of the Internet”

2 alasan kenapa citra Lena menjadi sangat populer (menurut David C. Munson, editor-in-chief, January 1996 IEEE Transactions on Image Processing):

  • Pertama, citra Lena berisikan paduan detail yang baik, shading, dan tekstur yang sangat baik digunakan sebagai percobaan pemrosesan algoritma citra.
  • Kedua, bila kita melihat citra Lena, mungkin kita (mungkin kebanyakan pria) akan merasa tertarik, dan tidaklah aneh jika komunitas peneliti pengolahan citra yang sebagian pria akan memilih citra yang menurut mereka menarik. :D

Dia sempat menjadi bintang tamu di acara 50th annual conference of  Society for Imaging Science and Technology, yang diadakan di Boston pada bulan Mei 1997. Menurut laporan, semua orang disana sangat senang dan bersemangat untuk melihat Lena yang selama ini citranya digunakan sebagai bahan penelitian dan percobaan mereka.

Foto Lenna saat itu :

[Picture of Lenna at IS&T]

Bila ingin melihat gambar asli dari citra Lena sebelum di crop (tanpa sensor) :

Click here

Sumber : – wikipedia.org

–  lenna.org


0 Responses to “Asal Muasal Citra Lena : Sang Primadona Dunia Pengolahan Citra”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Calendar

March 2010
M T W T F S S
« Jan   Apr »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Add me on YM


%d bloggers like this: