02
Oct
09

Tutorial Photoshop : Typographic

15

Pernah dengar typographic ? Saya nemu istilah ini di sebuah buku, kata pengarangnya sih artinya gambar (graphic) yang terbentuk dari tulisan/huruf2 (typo/typography). Kita bisa buat salah satunya dengan Adobe PS. Pada intinya sih sebenernya huruf-huruf itu dikasih warna yang beda trus membentuk gambarnya itu sendiri. Kalo mau coba langsung aja baca langkah-langkahnya di bawah.

1.


Buka foto yang diinginkan ke photoshop. Disini saya menggunakan foto pribadi..hehe..

Pilih layer background kemudian Ctrl-J untuk menggandakan layer agar bisa diotak-atik .

awal


2.

Pilih layer hasil penggandaan (Layer 1) lalu pilih menu Image > Adjusment > Exposure untuk membuat gambar terlihat lebih semakin “>kontras. Lihat setingan (semakin kontras semakin baik)
1

3. Pilih Horizontal Type Tool lalu buat text area di area foto. Kemudian copy teks ke dalam text area sehingga memenuhi seluruh permukaan foto. Usahakan agar teks terlihat padat dan rapat.
2
3
45

4. Duplicate layer teks lalu ganti warna teks menjadi abu-abu ( #959595 ) . Duplicate lagi kemudian ganti warna teks menjadi putih, sehingga nantinya aka nada 3 layer teks dengan warna yang berbeda (Hitam,abu-abu,putih).

5. kemudian Rasterize tiap layer teks (Klik kanan + Rasterize Layer ) dan ganti nama layer teks tersebut agar lebih mudah membedakan. Beri nama Shadow untuk teks warna hitam, Midtones untuk warna abu-abu, dan highlight untuk warna teks putih.

89

6. Buat 3 layer teratas invisible dengan menghilangkan gambar mata di layer pallete. Pilih layer 1 aktif lalu pilih menu  Select > Color Range. Select : Shadow dan Selection Preview : Grayscale. OK maka gambar akan terseleksi di bagian yang lebih gelap.

1011

7. Kemudian pilih layer shadow dan klik add layer mask. Lakukan kembali seleksi menggunakan color range pada layer Midtones dan Highlight dengan layer 1 aktif. Dan jangan lupa untuk mengganti pilihan Select sesuai nama layer (Midtones untuk midtones dan Highlight untuk highlight). Biarkan Selection preview tetap Grayscale. Lakukan juga masking pada tiap layer dengan cara yg sama.

12

8. Setelah masking selesai, buat layer kosong diatas Layer 1 dan isikan dengan warna bebas (lebih baik warna yang agak gelap). Dan buat 3 layer  teratas kembali  terlihat.

13

Hasilnya bisa dilihat seperti di bawah.
14

Atau kalo layer 2 -nya diganti warna :
15

Atau dengan sedikit modifikasi penambahan beberapa layer :
YAZID-typographic SMALLER

Hasil lain pake foto rame2  :
THE-OLD-TIME-MEMORIES SMALLER

Beres deh tutorialnya..sori ya kalo jelek trus ada yang salah kalo ga kurang…langsung timpuk comment aja..

Ditunggu komen2nya😀


0 Responses to “Tutorial Photoshop : Typographic”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Calendar

October 2009
M T W T F S S
    Dec »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Add me on YM


%d bloggers like this: