07
Mar
10

Tema Penulisan Ilmiah

Semester 6 sudah tiba, saatnya bagi mahasiswa semester ini untuk mengambil mata kuliah Penulisan Ilmiah. Mata kuliah ini “hanya ” 2 sks, namun cukup banyak mahasiswa yang terhambat di mata kuliah ini. Bagi sebagian mahasiswa PI menjadi sebuah momok, apalagi bagi mereka yang belum punya kesiapan tema dan bahan, mungkin akan sedikit sulit.

Selanjutnya saya akan menjelaskan mengenai tema apa yang menjadi concern saya untuk dijadikan PI. Saya berencana mengambil judul “Analisa Jaringan Rt/rw net Perumahan Puri Alam Kencana Sebagai Solusi Murah Internet Warga”. Kenapa saya berminat mengambil tema ini, akan dijelaskan di bawah.

Pertama, pengertian rt/rw net sendiri adalah sebuah jaringan (dalam konteks ini jaringan internet) yang menghubungkan komputer-komputer yang ada di sebuah rt/rw dalam sebuah area perumahan. Dari sanalah asal nama rt/rw net, karena lokasinya yang biasanya di pemukiman warga. Kebanyakan, rt/rw net di beberapa daerah menggunakan sistem wireless dengan menggunakan antena omni sebagai pemancar sinyal dan antena kaleng ataupun antena wajan bolic sebagai penerima sinyal. Rt/rw net di perumahan Puri Alam Kencana sendiri tidak menggunakan jaringan wireless melainkan menggunakan jaringan wired atau menggunakan kabel. Cara ini dianggap lebih murah dan mudah dikarenakan jarak antar rumah yang tidak terlalu jauh dan lebih baik di dalam koneksi datanya,berbeda dengan sistem tanpa kabel yang sangat bergantung terhadap posisi menghadap dan jagkauan sinyal.

Sebenarnya,struktur  jaringan rt/rw net dasar seperti gambar diatas, namun sedikit berbeda dengan struktur jaringannya dengan yang berada di perumahan puri alam kencana. Di perumahan ini tidak menggunakan server untuk mengatur bandwidth, namun cukup mengandalkan router untuk membagi paket-paket datanya. Kenapa? karena keterbatasan penyediaan server utama dan keterbatasan waktu admin jaringannya. Rt/rw net di perumahan Puri Alam Kencana ini cukup menarik karena tidak berorientasi pada keuntungan, namun benar-benar swadaya warga untuk merasakan internet murah. Ide ini sendiri muncul dikarenakan lemahnya sinyal untuk penggunaan modem GSM maupun CDMA. Keterbatasan inilah yang menjadi titik awal munculnya gagasan para warga untuk membuat rt/rw net.

Tujuan saya mangambil tema ini sendiri adalah untuk mempelajari lebih dalam mengenai struktur jaringan dan menginformasikan mengenai solusi untuk mendapatkan akses internet yang lebih murah dengan kecepatan yang cukup mumpuni. Pada PI ini saya akan membahas hal-hal dasar seperti pengertian jaringan dan pengetahuan dasar struktur jaringan, juga memetakan struktur jaringan dari rt/rw net tersebut. Selain itu, akan dibahas juga kelebihan dan menggunakan sistem ini dan perbandingan dari sisi harga dan kecepatan. Asal tahu saja, warga di rt 2/rw 8 Puri Alam kencana hanya perlu membayar Rp. 30.000 per bulan untuk akses internet seperti di bawah :

Tes ini dilakukan pada pukul 08:15 pagi  sambil membuka beberapa halaman web secara bersamaan (biasa mencapai o,8 Mbps). Download pun cukup terasa lancar dengan kecepatan mencapai 100 KBps (server lokal co:/ Indowebster.com). Bila digunakan untuk browsing atau chatting, kecepatan seperti diatas sudah cukup, apalagi dengan hanya “modal” Rp. 30.000 per bulan.

Selain kelebihan-kelebihan diatas, jaringan rt/rw net di perumahan puri alam kencana memiliki kekurangan seperti dalam hal maintenance jaringan. Kekurangan ini muncuk dikarenakan tidak adanya server untuk memantau kegiatan jaringan, juga administrator jaringannya yang bersifat sukarela memiliki pekerjaan lain, sehingga bila ada gangguan teknis pada jaringan, perbaikan tidak bisa dilakukan seaktu-waktu. Namun kekurangan-kekurangan tersebut masih bisa ditoleransi karena ini adalah proyek warga, digunakan juga sebagai alat untuk silaturahmi warga.Sebenarnya banyak manfaat yang bisa diambil dari rt/rw net ini.

Bila tertarik, dan ingin melihat sekilas tenyang rt/rw net di rt2 rw8 Perumahan Puri Alam Kenacana dapat membuka blognya : www.rt2rw8.blogspot.com.


0 Responses to “Tema Penulisan Ilmiah”



  1. Leave a Comment

Leave a comment


Calendar

March 2010
M T W T F S S
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Add me on YM